Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.  

Sejarah Desa

Administrator | 26 Agustus 2016 15:38:09 | 6.323 Kali

 

PENDAHULUAN

Gununglangit adalah sebuah Desa yang terletak di Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. Dilihat dari nama Desa “ Gununglangit “ ada kecendrungan pemberian nama menurut letak Geografis, karena Desa Gununglangit terletak dikaki Gunung Langit yang berketinggian 1070 m diatas Permukaan Laut.

Dari beberapa versi ceita asal  usul nama Desa Gununglangit ada banyak ragam, karena sampai sekarang belum ada cerita asal usul nama Desa Gununglangit dalam bentuk buku ( tertulis ), adanya hanya cerita dari mulut kemulut jadi ragamnya berbeda – beda.

Berdasarkan sejarah lokal di Kalibening di ceritakan bahwa Prajurit Pangeran Diponegoro yang bernama “ Suryantaka “ pada tahun 1830 ditugasi mengamankan wilayah Kalibening, itupun cerita dari mulut kemulut.     Desa yang disinggahi yaitu Desa Gununglangit, Suryantaka menggunakan nama Samaran “ Lembu Jawa “. Versi lain menyebutkan Suryantaka singgah di Kalibening, sedangakan makamnya didesa Sikumpul.

Berdasarkan sejarah lokal Kalibening yang diceritakan dari mulut kemulut bahwa pada tahun 1830 Pangeran Diponegoro memberi tugas untuk mempertahankan dan mengamankan wilayah Jawa Tengah bagian barat dari penjajah Belanda mereka antara lain yang   ditugaskan :

  1. Ngb Suryantaka alias Lembu Jawa ditugaskan di Kalibening, persinggahanya di Gununglangit  Banjarnegara.
  2. Ngb Sekati alias Banteng Malang di worawari Pagentan Banjarnegara.
  3. Ngb Ceranu alias Banteng Kuntet Bodakarya Wanadadi Banjarnegara.
  4. Ngb Coyuda alias Macan gunung Karang Kobar Banjarnegara.
  5. Ngb Kertoyuda alias Gajah wulung Paninggaran Pekalongan.
  6. Ngb Rawuh Jaya Maesa Wulung Padasari Kesesi Pekalongan

 

Dipandang dari segi persinggahanya di Desa Gununglangit dan versi lain menyebutkan singgah dikalibening dan ada bukti makam suryantaka di Desa Sikumpul.

Berdasarkan paparan diatas maka penulis hanya menyimpulkan pada tahun 1830 R.Ngb Suryantaka hanya mengadakan pemekaran wilayah Desa yaitu Gununglangit, Sikumpul, Kalibening. Serta nama – nama desa sudah ada sebelum tahun 1830. Kecuali nama Sikumpul

 

ASAL USUL NAMA DESA GUNUNGLANGIT

Konon Dikisahkan pada Zaman Kerajaan Demak ada seorang pengembara yang saktimandraguna ( Nama Tidak Diketahui ). Mereka datang dari arah timur ( versi lain menyebutkan dari arah barat ) penulis cenderung menyebut dari arah timur karena sesuai dengan keadaan sekarang yaitu ikut wilayah Banjarnegara, arah barat adalah kabupaten Pekalongan ( pada tahun 1947 wilayah timur adalah RI dan barat HB ( RIKOMBA )

          Melihat keadaan sekitar itu hutan lebat gelap gulita dan diselimuti kabut, mereka pengembara tersebut mengeluarkan daya kesaktianya yaitu “ GUMBALA GENI “ maka Gunung Rogojembangan bagian barat longsor menutup hutan dan menghalau kabut.

          Jadilah daerah tersebut rata dengan tanah dan terang benderang yang terlhat adalah Desa – desa dipinggir Hutan yang tidak terkena longsoran.

          Mereka berjalan langsung menuju kebarat setelah sampai disebuah Desa mereka melihat penduduk semua perempuan rambut mereka mengenakan Sinom maka para pengembara tersebut menamai Desa tersebut “ DESA KASINOMAN”

          Pengembara terus berjalan maka sampailah mereka disebuah desa yang para penduduknya rindu ( Kangen )  dengan Kedamaian karena Gempa dan Longsor yang telah terjadi maka desa tersebut di beri nama “DESA SIDAKANGEN”

          Para pengembara terus berjalan menyusuri desa – desa,ditengah perjalanan mereka merasa haus kemudian mereka memetik buah Maja ditengah  pemukiman,tetapi setelah dimakan rasanya pahit dan desa tersebut diberi nama “DESA MAJATENGAH “

          Mereka berjalan terus dan sampailah di sebuah pemukiman yang para penduduknya semua mencari ikan lalu pemukiman tersebut di beri nama “PARAKAN “

          Mereka terus melanjutkan perjalanan ke barat lalu sampailah mereka di sebuah kali ( sungai ) yang airnya tetap jernih meskipun terkena longsoran maka desa tersebut di beri nama “ KALIBENING “

          Sampai dipemukiman mereka singgah di sebuah desa yang penduduknya kesulitan mencari air maka pemukiman tersebut di beri nama “ KALISAT “

          Melihat kebarat lagi mereka menjumpai pemukiman yang hanya ada anak – anak muda kemudian pemukiman itu di beri nama KANOMAN ( adapun nama sikumpul adalah nama baru dari desa kalisat dan kanoman yang meliputi dukuh ngaren ) menjadi “ Desa Sikumpul “

          Sesampai dikanoman terlihat sebuah pemukiman yang diatasnya terdapat semacam ngarai setelah didaki – daki tidak sampai – sampai, tahu – tahu sudah sampai dipuncak. Dari atas kelihatan diutara ada pemukiman – pemukiman, maka turun kembali kebawah, pemukiman pertama diberi nama GUNUNGLANGIT kemudian turun lagi kebawah arahnya utara disitu terdapat permukiman yang orangnya taat beragama, suka kerja keras, para laki – lakinya bagus – bagus dan perempuanya cantik – cantik, orangnya pandai – pandai dan semua laki – laki menjadi pemimpin, masyarakatnya makmur penghijauan berjalan baik sehingga tidak kurang air, maka permukiman tersebut diberi nama “ GUNUNGSARI “

          Karena dari puncak Gunung Langit kelihatan dari jauh orang – orangnya lamban dalam kegiatan maka pemukiman tersebut di beri nama “GLUSUR”.

Dari banyak cerita – cerita tentang situs Desa Gunungalngit pada khususnya dan Kalibening pada umumnya, nama desa sebelumnya tidak terdengar dan para pengembara tidak membuatkan nama desa hanya menerangkan nama desa yang terkait dengan kejadian yang dialami sang pengembara dan keadaan geografi yang di laluinya serta keadaan sosial masyarakat yang di lihatnya.

         Desa Gunung Langit terdiri dari 4 Dukuh.Yaitu Dukuh Gunung langit, Gunung Sari,Glusur dan Dukuh Gamblok. Mengapa Gamblok tidak tercantum dalam situs perjalanan sang pengembara? Karena dukuh  Gamblok dan dukuh Kanoman hanya di batasi  dengan parit kecil, ada kesan sang pengembara melihat Gamblok masuk wilayah Kanoman,maka tidak di sebutkan. Namun karena adat istiadatnya sama dengan masyarakat Gununglangit maka di GAMBLOKAN (GAMBLOK-GEMBLOK) ke wilayah Gununglangit oleh orang sesudahnya.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung